Camba, Wonderful Way to Sengkang

Well, sudah sekitar 1 tahun lebih tidak menginjakkan kaki di ranah Sengkang. Walaupun begitu saya masih ingat jelas bentuk dan model bangunan yang ada di sana.

Orang yang tidak tahu kota Sengkang mungkin mengira, Sengkang yang saya maksud adalah Sengkang yang ada di Negara Singapura.

Bukan, Sengkang ini berada di tanah Indonesia kok. Kota Sengkang ini berada di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Wajo.

Nah, perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Sengkang ini tidaklah cepat. Tidak ada jalan tol yang menghubungkan dua daerah ini. Perjalan ke Sengkang memakan waktu sekitar 3-5 jam dari Makassar sesuai rute jalan.

Rute yang dapat dipilih ada 3 yaitu:

  • Rute Bulu Dua. Yang ingin cepat tetapi perlu banyak kehati-hatian dapat memilih rute ini. Rute ini memakan 3 jam perjalanan.
    Bulu dua merupakan jalan penghubung yang tidak terlalu efektif mengingat jalanan yang kurang baik dan juga sempit (walaupun pemandangannya sangat bagus, bahkan kita bisa merasakan awan yang ada di puncak gunung bulu dua)
  • Rute Kota Pare-pare. Rute ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 jam. Rute ini memang cukup baik, karena dalam perjalanan kita akan disuguhi daerah-daerah yang telah ramai oleh penduduk.
    Apalagi bila kita singgah ke Kota Pare-pare untuk menikmati pasar cakar yang selalu ada di setiap malam (kalau orang Buton, seperti pasar Wameo. Bedanya hanya dalam waktu pelaksanaannya)
  • The Last. Camba. Rute ini tidak kalah menarik dengan rute ke-2. Rute ini juga telah menjadi makanan saya setiap minggunya. Memang sih, rute ini sedikit menantang, mengingat jalanan pegunungan yang berkelok-kelok dan membuat isi perut menjadi terguncang. Tapi, pemandangan yang disuguhkan… Angkat 2 jempol deh!!
  • Nah, mengenai rute ke-3 .Camba.

    Jujur saja, saya telah jatuh cinta dengan keadaan di Camba yang masih asri, bersih dan tenang (walau terkadang, masih ada saja bau polusi dari gas buangan truk-truk nakal). Camba itu adalah nama sebuah daerah di Maros yang berupa pegunungan dan pedesaan.

    Di Camba, sejauh mata memandang pasti kita akan melihat sawah bermodel terasering. Cantik banget deh! Apalagi, kalau kita beruntung melihat kuda-kuda yang dibiarkan mencari makan. Atau tidak, kita akan melihat orang-orang yang berlalu-lalang membawa hasil panen sawah maupun kebun mereka.

    Cantik deh!!

    Oh yah, kalau mau mengunjungi Camba lebih baik memilih waktu yang tepat. Waktu yang baik adalah ketika musim panen tiba.

    Bila musim panen tiba, para petani akan menjual hasil panen mereka di pinggir jalan. Hasil panen mereka, seperti jagung, semangka, jeruk bali, dan beberapa sayuran segar lainnya. Kalau pintar menawar, kita bisa dapat harga yang sangat-sangat terjangkau.

    Walaupun, Camba terkesan seperti pedesaan. Tapi, di sana kita juga bisa mampir ke rumah makan yang rasanya Mantap! Kalau kita mampir di waktu sibuk, kita bisa kehabisan tempat lho~

    Selain itu, ada juga rumah makan yang menawarkan coto kuda. Hayo~ yang belum coba, ayo mampir!

    Banyak hal yang menarik dari Camba! Kalau musim penghujan tiba, kita akan melihat sungai yang ber-air deras menabrak bongkahan batu besar. Memang mengerikan, tapi kalau kita bisa memanfaatkan waktu, itu bisa menjadi salah satu objek bagus buat fotografer.

    Ada juga, beberapa goa yang terbentuk alami di tebing-tebing gunung di Camba. Bahkan ada batu besar yang berbentuk roti di puncak salah satu gunung di Camba. Keren lho~

    Oh yah, bukan hanya saya yang jatuh cinta akan Camba. Beberapa waktu lalu (ketika masih di Sengkang) saya melihat mobil yang berisikan turis. Mereka sengaja merekam keindahan Camba dengan handycam, walaupun mobil yang membawa mereka melesat dengan kencang.

    Yah, setidaknya untuk melihat keindahan ini kita tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau ke Malang. Ke Camba saja! Hehehe

    Posted with WordPress for BlackBerry.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s