Ramadan This Year

Long time no see blog~ (bunyi jangkrik)

Back to the basic again, saya baru saja mengingat tujuan utama saya untuk membuat blog. My online note.

Hm, kali ini saya hanya ingin bercerita seputar Ramadan yang saya jalani. Ini kiranya sudah ke-2 kalinya saya mengikuti ramadan di Baubau mengingat saya baru 1 tahun tinggal di sini. Awalnya memang sulit untuk mengerti berbagai adat yang terjadi di masyarakatnya tapi lama-kelamaan saya pun menjadi terbiasa.

Malah saya bersyukur luar biasa telah diberikan hal yang jarang didapatkan oleh orang lain. Saya sering mendengar ungkapan dari teman saya yang mengatakan,

“Saya bosan Ramadan di sini. Kamu enak sih pindah-pindah~”

Yes, ungkapan inilah yang menyadarkan saya. Senang rasanya, kiranya saya tahu beberapa tata cara ramadan di berbagai daerah -yang pernah saya kunjungi dulunya-.

Yang saya ketahui, rasanya tidak ada perbedaan mengenai tata cara pelaksanaan ramadan Kota Baubau dengan kota lain. Hanya saja, yang membuat Ramadan di sini terasa spesial adalah “Haroa” yang berarti “Baca-baca”. Bila diartikan lebih dalam hampir sama seperti syukuran.

Nah, di sini ketika masuk awal Ramadan dan -juga- pada akhir ramadan, masyarakat akan mengadakan Haroa di rumahnya masing-masing. Bukan hanya tetangga dan teman derkat, Haroa lebih sering diadakan di rumah bersama keluarga besar.

Well, ini menjadi salah satu hal yang menurutku boleh saja dicontoh. Malah patut deh! Kan Ramadan itu harus disambut dengan suka cita ^^

Di samping itu. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada diri saya selama ramadan tahun ini. Saya pikir, karena sudah mulai berpikir dewasa sekiranya saya merasa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah. Insya Allah.

Bahkan, hati saya menjadi sangat senang dalam menyambut ramadan. Berbeda dari tahun sebelumnya. Wah, jujur saja saya sangat bahagia dalam menyambut ramadan kali ini (bukan karena waktu belajar di sekolah dikurangin yah kk~).

Yah, I hope I can be like this or maybe more khusyuk on the next ramadan.
آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “Ramadan This Year

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s