Hari ini, Ceritanya Begini

image

Ceritanya aku sedang ngedumel, mengenai diriku yang sulit bersikap bebas–bahkan di saat aku tak lagi memiliki kesibukan apa pun. Kemudian, untuk membuat hatiku lebih bersemangat, ku tontonlah Abang Jebraw dan Naya-nya lewat Jalan-jalan Men! di youtube. Memang begitu, saat aku menonton video berbau travel semangatku akan meluap-luap untuk menjalani hidup dengan kebaikan.

Ada sekitar 3 lokasi berbeda yang ku tonton pagi ini, seperti Yogyakarta, Balikpapan, dan Derawan. Bagian Derawan belum selesai karena mood nonton ngilang. Tapi intinya aku merasa lebih baik dari sebelumnya. Banyak quote yang terdengar aneh dari Bang Jebraw, yang entah kenapa maksudnya benar. Terlebih dengan lagu-lagu spontannya yang ber-‘arti’. Like forefathers, um… yeah~ tomorrow for dreams.

Pas bagian Yogyakarta aku sempat nangis–ya manusia cengeng–ada kata-kata nusuk yang membuatku nyadar kalau di dunia ini nggak ada yang nggak adil. Bang Jebraw juga nyadarin aku kalau semua tempat adalah tempat yang terbaik selama kita masih membuka mata hati kita, menelanjangi pikiran, dan melihat dunia dengan cara yang tidak ladzim. That’s way, aku tidak akan berharap banyak untuk kuliah di Jogja. Di mana pun bisa menjadi best place untuk kuliah. Rencana kulaih nanti… entah ke mana ^^

The most meaningful moment adalah ketika Jebraw ke Borobudur. Nah di sana ada arca tanpa kepala dan dia bilang secara gamblangnya, “Itu, Arca tanpa kepala berarti kalau hidup di dunia ini nggak perlu mikir tapi merasakan.”

Secara harfiah aku ngerti maksud ucapannya, meski ada sedikit suasana kegalauan Jebraw yang pengen nembak Naya. Apa yang dia bilang bener kok, saat mikir dan merasakan itu rasanya berbeda. Kalau mikir bikin kepala pusing, tapi kalau merasakan malah timbul kelegaan. Selama ini aku keasyikan mikir sampai stres mengenai kuliah, nggak sadar ada banyak hal yang ku lewatkan. Padahal Allah sudah nentuin jalan kita dari jauh-jauh hari kok… intinya jangan terlalu banyak mikir.

Well, setelah nonton Jalan-jalan Men! rasanya ingin buat trip kecil-kecilan sendiri di sebuah tempat. Kebetulan, tanggal 26–besok–aku akan kembali ke Baubau, berkumpul bersama kedua orangtua dan saudara-saudariku di sana selama bulan ramadhan. Rencana tapi nggak mau disebut sebagai rencana, aku ingin ngadain Little Trip Ramadhan bersama Uya di Baubau. Dengan si Utih–motor kesayangannya–kami akan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Baubau sambil ngabuburit juga. Semoga cuaca mendukung, karena yang ku tahu akhir-akhir ini Baubau hujan teruuuuss.

Tapi aku bilang sama Uya, “Ini bukan rencana ya, Uya. Kita maennya dadakan aja, secara tiba-tiba tanpa perhitungan atau pemikiran terlebih dahulu.” Dan dia bilang dengan singkat, “Ok!”

Ah… soulmate passion-ku satu itu memang senang disusahin. Oh ya, bulan September mendatang aku tidak akan lagi tinggal di Baubau. Destinasi ke #6 adalah Kota Palu. Lagipula aku tidak tahu di mana aku akan berkuliah nanti, jadi ku sebutlah Palu sebagai destinasi ke-#6. Dan kesempatanku ada pada bulan Ramadhan ini, menikmati secuil perjalanan di Baubau sebelum akhirnya pindah lagi.

Saat-saat pindah ada dua hal yang saling bergenggaman; Kesedihan dan Kebahagiaan. Sedih untuk meninggalkan sobat SMA juga tempat-tempat asyik pencipta kenangan dan bahagia untuk melihat tempat baru dengan kebutaan, tidak lupa… kawan baru. Terdengar asyik ya hidupku. Orangtua pindah-pindah, bisa ikut terus jalan-jalan dan nemuin teman baru. Bisa nge-ala-ala bacpacker gitu kan hahahaha. But yeah, there’s sad things too.

Ah………….. yeah…… hidup ini indah, apalagi di saat kita berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kayak lagi baca buku, kalau nggak dilanjutin ke halaman berikutnya rasanya kurang klop atau nge-gantung. Makanya di saat kamu tetap bertahan di rumah tanpa pernah ingin keluar, kamu akan merasakan kekurangan terus-menerus. Ialah nggak pernah liat dunia secara keseluruhan(?)

Bonus quote dari Windy Ariestanty, “Manusia itu makhluk pejalan, makanya ada kaki. Kalau kamu nggak mau gunakan kaki, apa gunanya? Semua manusia itu traveler sejati karena ada kaki!!!

~~~~~~~~~~

2 thoughts on “Hari ini, Ceritanya Begini

  1. xinnu~🙂
    Udah lama nggak baca tulisanmu.. ^-^

    Yeh,. aku stuju bangettt dngan quote2 di atas.. kkk
    Semangat!! Jngan stress karena mmikirkan kuliah! Karena nanti pas kuliah kamu bakal stres kok😀 Hhahaha

Leave a Reply

