Sedikit Kisah dari Timur Jawa

image

Di Pare

Seminggu lebih. Waktu yang lumayan panjang dihabiskan berbagi kamar dengan beberapa macam orang yang belum ku kenal dengan baik. Ada sekiranya 3 mbak-mbak asal Sulawesi. Sebenarnya, satu kamar untuk 3 orang–dan memang seperti itu. Tapi, karena akhir-akhir ini ada banyak New Comers di camp Asset 3, akhirnya ada beberapa penghuni yang ngungsi ke kamar 6 untuk menghindari kesempitan yang terjadi di kamar mereka. Salah satunya yang bertahan lama ialah Miss Ulya.

Penghuni kamar 6 sendiri adalah aku, Miss Chi, dan Miss Nurul. Miss Nurul lebih senang tidur di living room, bersama angin malam yang berhembus mencengkram kulit atau bersama Miss Nunu dan Miss Rika. Atau yang lainnya bersama kipas angin dan homework grammar yang merajalela. Dan, teman tidurnya yang paling setia adalah homework atau PR.

Ya, selama di Kediri, Pare, aku tinggal di sebuah camp bernama ASSET 3 yang memang dikhususkan menjadi camp para pelajar yang berasal dari ranah Sulawesi. Camp ini menjadi tempat pemberhentian sementara, sebelum akhirnya aku beranjak kembali tahun depan. Waow, perjalananku masih jauh.

Asset sendiri memiliki banyak camp. Sekiranya sampai 5 camp, kalau tidak salah. Ada 2 camp untuk para gadis, dan 3 camp untuk pria. Satu lagi, Asset Center. Tempat paling utama untuk mengenal orang-orang dalam Asset. Dari temanku, Azizah, aku tahu bahwa Asset Center kadang dipakai pula untuk bermalam para pelajar yang hanya ingin tinggal sementara di Pare. Ya, aku sendiri belum pernah mengunjungi Asset center.

Setelah ditinggal Mama yang kembali ke Palu untuk mengurus bapak dan adik-adik, aku awalnya khawatir karena takut tidak sepemikiran dengan anak-anak camp. Takut bila ada ketidakcocokan dengan anak camp yang luar biasa terbuka dan bit crazy heuheuheu. Tapi, aku tekankan pada diriku untuk bertahan. Aku pikir, akan lebih baiknya aku tinggal di camp sembari melatih percakapan Bahasa Inggrisku. FYI, di camp ada banyak peraturan, salah satunya mengenai English Area yang berada di sekitar lingkungan camp. Dan bila ketahuan melanggar… Getchaaaaa!!! You have to pay one thousand for one word you have said.

Alhamdulillah, seminggu lebih di sini aku jadi terbiasa berbahasa Inggris. Bahkan, di luar lingkungan camp. Aku dan anak-anak camp atau hanya sekedar teman satu tempat kursus pasti ngobrol dengan Bahasa Inggris. Tidak peduli dengan aturan grammar, kami berkicau layaknya manusia biasa.

Mengenai anggota camp. Aku terkejut begitu tahu apa saja lakon mereka dalam dunia. Memang, banyak anak sepertiku di sini. Yang akhirnya menunda kuliah selama setahun dan mengambil kursus Bahasa Inggris untuk memperdalam Grammar dan TOEFL. Tapi, di samping itu, aku juga bertemu dengan orang-orang luar biasa. Orang-orang yang menbuatku terinspirasi akan banyak hal. Bahkan, ada banyak pelajaran hidup yang ku curi dari obrolan kami.

Mom Murni. Beliau adalah anggota camp paling tua di Asset 3. Besok beliau akan kembali ke ranah Sulawesi setelah menyelami kursus Speaking selama 2 Minggu di UNESCO. Sebenarnya, beliau hanya menemani anaknya–yang tinggal di camp Asset 5 khusus boys–dan kemudian terseret arus penasaran untuk ikut salah satu course yang ada di Pare. Pilihannya UNESCO. Dari beliau, aku banyak mendapatkan pelajaran mengenai hidup. Terlebih dengan nasihat-nasihatnya.

Miss Ayu, Miss Chi, Miss Nurul, Miss Ulya, Miss Arni, dan Miss Mutia–yang seumuran dengan adik bungsuku–dan masih banyak lagi. Kalau diceritain sih kebanyakan hehehe…

Baru seminggu. Tapi sudah banyak hal yang ku dapatkan. Kalau sebulan mungkin udah kayak gunung aja. Lol. Memang sepertinya Allah sudah merencanakan semua ini. Bahkan, di sini aku berani menjadi Imam sholat berjamaah, ya… walaupun badan getar2 dan tajwidnya berantakan T,T

Pokoknya, kegiatan dan pembelajaran yang ku dapatkan di camp sangat berarti. Asset 3. Perkumpulan Pelajar Sulawesi di Pare. Yatta!!! Cheer up!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s